Sabtu, 14 Mei 2011

Resep Obat dan Konsep Perkalian

        Banyak siswa terkadang memandang matematika adalah pelajaran yang memusingkan bagi mereka. Padahal matematika adalah ilmu yang sangat aplikatif dalam segala kehidupan. Bahkan saya pernah share dengan siswa saya. Saya memberi tantangan kepada mereka untuk memberi contoh peristiwa kehidupan yang tidak ada kaitannya dengan matematika. Langkah ini saya ambil agar siswa memahami bahwa belajar matematika adalah dalam rangka membantu mereka memecahkan peristiwa hidupnya. Di akhir diskusi, akhirnya terbentuklah kesimpulan bahwa memang tidak ada peristiwa kehidupan yang tidak ada kaitannya dengan matematika.
Berikut salah satu contoh aplikatif yang mendukung untuk penanaman kosep dalam pelajaran matematika.

MINUM OBAT = KONSEP PERKALIAN (penjumlahan berulang)
1. Tampilkan resep yang sudah diperbesar. Misal 3 x 1.
2. Tanyakan ke siswa, apa yang dilakukan siswa ketika mendapat resep obat seperti yang di tulis.
3. Tanyakan ke siswa bagaimana aturan minumnya?
4. Tuliskan pernyataan siswa ketika menjawab
    Misal : cara minum resep  3 x 1 sehari = 1 pagi, 1 siang, 1 sore. Dalam satu hari minum 3 obat.
                Berarti resep 3 x 1 = 1 obat + 1 obat + 1 obat = 3 obat
5.Tampilkan resep yang sudah dibawa anak-anak dari rumah.
6. Tanyakan ke siswa bagaimana aturan minumnya?
7. Kaitkan dengan konsep perkalian yang akan diajarkan
8. Latih dengan pertanyaan yang berkaitan dengan konsep perkalian

Jika langkah-langkah ini diterapkan insyaAllah, konsep perkalian ini akan lebih meresap karena dikaitkan dengan peristiwa yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar